RSS
Write some words about you and your blog here

HUBO




HUBO (휴보 KHR-3) adalah robot humanoid yang dapat berjalan, memiliki figur wajah Albert Einstein dan mampu berdiri pada kerangka 2 kaki. Hubo diciptakan oleh Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan diluncurkan pada 6 Januari, 2005. Hubo adalah kependekan dari "humanoid robot."

Hubo memiliki kepekaan suara dan indra buatan, seperti kemampuan melihat dari 2 buah matanya yang bergerak bebas.

Sejarah pembuatan robot di Korea cukup pendek. KAIST memulai penelitian di tahun 2000, dipimpin oleh profesor Oh Jun-ho. Prototype pertama KHR-1 dikembangkan tanpa memiliki lengan atau kepala dan diluncurkan pada tahun 2003, diikuti KHR-2 di tahun 2004.

Pada bulan November 2005, KAIST, perusahaan Hanson Robotics yang berbasis di Korea Selatan dan Dallas, Texas meluncurkan android berkepala pertama di dunia dengan kerangka bipedal di Pertemuan APEC di Busan, Korea Selatan. Kerangka berjalan adalah terobosan terbaru di teknologi Hubo, sementara kepalanya adalah kreasi figur ilmuwan Albert Einstein. Android tersebut dapat berbicara dan menguasai ekspresi wajah alami yang cukup banyak, yang didasarkan pada pengembangan teknologi HRI dari android Philip K. Dick, yang membuat debut resmi di Wired Magazine NextFest 2005 di Chicago, Illinois.

Prototype humanoid ini secara resmi dijuluki "Albert Einstein Hubo".

sumber: http://id.wikipedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

coment dsini !!!